Lampnet – Pada dasarnya negara sangat penting untuk suatu bangsa. Karena tanpa adanya dasar negara maka negara akan goyah dimana tidak akan mempunyai tujuan yang jelas dan tidak tahu apa yang ingin dicapai setelag negara tersebut didirikan. Sebaliknya jika ada dasar negara di dalam suatu bangsa maka tidak akan terombang ambing dalam menghadapi berbagai permasalahan yang bisa datang dari arah mana saja. Sama halnya dengan rumah yang tidak mempunyai pondasi jika suatu negara tidak memiliki dasar negara yang tentunya akan cepat untuk roboh oleh karena itu penting untuk mempunyai dasar negara.

Pancasila sendiri merupakan dasar negara Indonesia yang bisa diartikan sebagai lima dasar yang terbentuknya suatu negara. Sedangkan istilah pancasila ini termuat dalam kitab sutasoma yang ditulis oleh Empu Tantular. Hal yang perlu kalian ketahui bahwa pancasila sebagai dasar negara yang mempunyai sejarah yang tidak lepas dari proses kemerdekaan Indonesia. Dimana proses tersebut berlangsung mulai dari sidang BPUKI hingga sidang PPKi setelah Indonesia merdeka. Sehingga dengan begitu penting sekali bagi kalian untuk memahai tentang Sejarah Lahirnya Pancasila tarutama bagi para pemuda saat ini

Pada tanggal 7 September 1994 pemerintahan jepang sudah menjanjikan kemerdekaan untuk Indonesia. Hal itu dilakukan guna untuk mewujudkan kemerdekaat sehingga Indonesia biasa berdiri sendiri yang perlu untuk ditentukan dasar negara terlebih dahulu. Karena itulah negara Jepang membentuk suatu badan yang mengatur persiapan kemerdekaan Indonesia dengan bertujuan untuk membahas hal – hal yang berhubungan dengan tata pemerintahan Indonesia dimana juga sudah termasuk untuk menentukan dasar negara. Sedangkan untuk nama badan tersebut adalan BPUKI (Badan Penyelidik Usaha – Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Pentingnya Untuk Mengetahui Sejarah Lahirnya Pancasila

Sejarah Lahirnya Pancasila Sebagai Dasar Negara Yang Sangat Penting Dipelajari Oleh Kalian

Selain dalam Sejarah Lahirnya Pancasila teradapat tiga puluh tiga pembicara selama empat hari sidang petama untuk BPUPKI pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945 dengan pembahasan mengenai dasar negara. Untuk tokoh – tokoh yang sudah menyumbangkan pemikiran tentang dasar negara pada sidang tersebut diantara lain:

  • Mr. Mohammad Yamin pada tanggal 29 Mei 1945

Moh. Yamin sudah menyumbangkan pemikiran dengan mengusulkan dasar negara dala pidato tidak tertulisnya dalam sidang pertama BPUKI yang diantaranya :

1. Peri kebangsaan

2. Peri kemanusiaan

3. Peri Ketuhanan

4. Peri Kerakyatan

5. Kesehjateraan Rakyat

Sesudah selesai berpidato Moh. Yamin juga mengusulkan gagasan tertulis naskah yang di rancang dalam UUD RI yang tertuang dalam rumusan 5 dasar yang meliputi:

  •  Ketuhanan Yang Mahe Esa
  • Kebangsasan Persatuan Indonesia
  • Rasa kemanusian yang adil dan beradab
  • Selanjutnya, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan atau perwakilan
  • Keadilah sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Oleh karena itu penting sekali kalian untuk mengetahui tentang Sejarah Lahirnya Pancasila karena pada saranya mempunyai peran yang sangat penting bagi kalian. Dari sejak kalian duduk di bangku SD pastinya sudah terdapat pelajaran sejarah tentang lahirnya pancasila. Serta pastinya juga akan diwajibkan untuk menghafal dan memahami tentang pancasila. Karena pada dasarnya pancasila merupakan dasar negara yang wajib untuk dipahami oleh semua rakyak Indonesia. Ketika seseorang tidak memahami tentang hal ini maka itu merupakan suatu hal yang sangat fatal karena memang wajib untuk di pahami mengenai pancasila.

Sedangkan pada saat sidang BPUKI Mr. Soepomo pada Sejarah Lahirnya Pancasila juga menyumbangkan pemikiran yang sudah memaparkan 3 teori mengenai bentuk – bentuk neragara yang diantaranya:

  • Negara induvidualistik

Negara induvidualistik merupakan negara yang disusun atas dasar kontrak sosial dari warganya dengan mengutamakan kepentingan dari individu sebagaiman sudah diajarkan oleh Thomas Hobbes, John Locke, Jean Jacques Rousseau, H.J Laski dan Hebert Spencer. Sedangkan untuk negara yang di ajarkan oleh Marx, Lenin dan Engels merupakan negara Integralistik yang merupakan negara tidak boleh untuk memihak pada salah satu gplongan akan tetapi berdiri di atas semua kepenting sebagaiman diajarkan oleh Adam Muller, Spinoza dan Hegel. Selain itu Mr. Soepomo dalam hal ini menyuarakan negara integralistik atau yang disebut dengan negara persatuan yang merupakan negara berdiri di atas kepentingan semua orang.

Sementara untuk dasar negara yang digagaskan oleh Mr. Soepomi yang diantaranya:

  • Paham tentang persatuan
  • Perhubungan negara dan agama
  • Sistem badan permusyawaratan
  • Sosialisasi negara
  • Hubungan anata bangsa yang bersifat asia timar raya

Itulah Sejarah Lahirnya Pancasila yang wajib untuk kalian ketahui. Karena pada dasarnya sejarah ini sangat berperan penting dalam kehidupan semua orang akan tetapi masih banyak orang yang belum memahami tentang hal ini. Oleh karena itu dari sekarang harus berusaha untuk bisa memahami tentang hal ini. Karena hal ini snagat penting.