Lampnet – Hampir semua orang memiliki sebuah cerita yang menjadi sejarah tersendiri bagi pribadinya. Bisa berupa cerita bersama keluarga, tetangga, disekolah dan pada saat berada dilingkungan manapun. Segala hal yang ada pasti ada sejarah tersendiri yang dapat anda ceritakan kembali pada saat ini. Mungkinkah anda sudah mengetahui bahwa sejarah ternyata sangat penting.

Sejarah pasti merukan segala peristiwa yang pernah terjadi pada masa lampau. Akan tetapi tetap sering dan terus berlanjut di ceritakan hingga pada saat ini. Berawal dari sejarah, segala hal yang terjadi pada saat ini menentukan masa pada saat ini. Sehingga tentunya, dengan melihat sejarah kita dapat mempertimbangkan segala hal di masa depan. Dengan demikian, mengenal sejarah merupakan salah satu ilmu yang penting untuk dipelajari. Sehingga sejak duduk di bangku smp hingga menempuh jurusan perguruan tinggi masih ada ilmu sejarah yang terus berkelanjutan.

Sejarah merupakan ilmu yang memiliki fungsi besar dalam suatu penelitian dalam menyelidiki kejadian-kejadian apapun. Sejarah juga bisa melakukan suatu peristiwa yang kemungkinan pernah dialami oleh manusia serta masyarakat pada masa lampau. Dalam melakukan penelitian sejarah, anda dituntut untuk mengetahui metode ilmiah. Tidak mungkin bukan jika penelitian dilakukan secara asal apalagi yang berkenaan tentang sejarah. Karena ilmu tersebut akan menjadi sebuah ilmu yang menentukan kondisi pada masa-masa selanjutnya.

Sejarah sangat penting, sehingga mengenal sejarah merupakan hal terpenting untuk anda kenali. Sejarah dapat dikatakan sebagai ilmu karena menjadi salah satu sumber pengetahuan tentang apa yang terjadi pada masa terdahulu. Peristiwa pada masa lampau disusun secara sistematis menggunakan suatu metode kajian ilmiah. Nah muncul suatu tanda tanya, untuk apa menggunakan kajian ilmiah? Mengenal lebih jelasnya sejarah simak hal berikut lengkap dengan ciri-cirinya.

Mengenal Sejarah Anda Juga Harus Mengenal Ciri-Ciri Dari Sejarah

Bagi Anda yang ingin mengenal sejarah menjadi sebuah tulisan maka Anda dituntut untuk mengenal beberapa tahap penulisan sejarah. Tahapan-tahapan dalam menulis sejarah diantaranya yaitu merekontruksi cerita sejarah secara analitis, kritis dan juga imajinatif. Nah sebelum itu Anda perlu suatu bukti berupa tulisan, peninggalan dan rekaman yang menunjukkan bukti nyata. Anda juga wajib mengetahui apa saja ciri-ciri sejarah seperti beberapa ciri-ciri berikut:

Mengenal sejarah Anda akan mengetahui salah satu ciri sejarah yaitu terdapat objek. Tidak mungkin ada ilmu yang tidak memiliki tujuan, semua ilmu apapun pasti memiliki objek dan suatu sasaran yang jelas. Karena objek tersebut juga membedakan antara beberapa ilmu yang lainnya. Nah objek sejarah adahal manusia dengan masyarakat, sedangkan untuk sasarannya lebih di utamakan pada manusia dalam sudut pandang waktu tertentu.

Ciri sejarah yang selanjutnya yaitu terdapat suatu metode. Dalam melakukan penelitian sejarah, pasti terdapat suatu metode sendiri. Metode tersebut dilakukan dengan disertai pengamatan dan bukti yang nyata. Sehingga sejarah sebagai ilmu akan dipelajari dalam waktu yang berkelanjutan. Tak heran jika sejarah menjadi suatu cerita yang terus mengalir hingga saat ini.

Mengenal sejarah Anda juga akan mengetahui apa itu generalisasi.Pembelajaran dari suatu ilmu selalu dituntut untuk menarik sebuah kesimpulan. Nah kesimpulan ini yang akan menjadi kesimpulan umum dan bergenerasi. Dengan demikian generalisasi merupakan suatu kesimpulan umum dari akhir pengamatan dan pemahaman dari apa yang ditulis. Empiris juga termasuk salah satu ciri-ciri sejarah yang berasal dari bahasa Yunani dari kata yaitu “empiro”, yang artinya adalah perjalanan manusia. Semua pengalaman yang terjadi kemudian direkam dalam peninggalan atau dapat juga menjadi suatu dokumen sejarah. Kemudian diteliti oleh sejarawan hingga menemukan suatu fakta.

Mengenal sejarah tentunya juga terdapat teori berupa salah satu peristiwa yang terjadi. Teori dalam sejarah berisi kumpulan tentang kaidah-kaidah dan pokok ilmu. Selain sebagai salah satu ilmu, sejarah juga dikenal sebagai seni. Dalam penulisan sejarah tentu terdapat seni tersendiri sehingga menjadi tersaji sebuah cerita yang menarik namun benar-benar pernah terjadi. Sudah seharusnya penulis merangsang pembaca untuk merasakan apa yang di ceritakan, sehingga dirasa Mereka yang sedang berperan sebagai tokoh utama didalamnya.

Cerita yang terjadi pada masa lampau juga membuat para pembaca masuk ke dalam cerita sejarah di masa lampau. Tentunya cerita seni yang diciptakan tidak semua orang dapat melakukannya. Tidak hanya berupa tulisan, lukisan, patung, bahkan panggung pementasan juga termasuk dalam sebagian bentuk seni yang merekonstruksi peristiwa sejarah. Oleh sebeb itu mengenal sejarah adalah ilmu yang sangat penting dan wajib dipelajari oleh manusia. Seni menjadi medium dalam merekosntruksi kembali suatu peristiwa yang menjadi suatu sejarah. Setiap manusia wajib mengetahui sejarah dirinya, baik keluarga, bahkan tempat dimana ia tinggal. Sejarah menjadi sumber ilmu serta pengetahuan yang sangat penting bagi manusia dalam menghadapi masa-masa mendatang.